Pawai Budaya Hari Jadi Bima ke-378 Berlangsung Meriah

Pawai budaya dalam rangka memperingati hari jadi Bima ke-378 yang dilaksanakan oleh Pemerintah kabupaten Bima dan Di Pusatkan di Kecamatan Bolo, Kamis (5/07/2018) berlangsung meriah. Ribuan masyarakat kabupaten Bima berpartisipasi meramaikan pawai budaya dengan mengenakan Pakaian Adat Khas Bima serta menyuguhkan berbagai Atraksi dan Pertunjukan Seni dan  Budaya Bima.

Antusiasme yang tinggi ditunjukkan oleh Masyarakat Kabupaten Bima dalam Memeriahkan Perayaan hari Jadi Bima yang ke 378 ini. . Selain dengan ikut Menjadi Bagian dari Peserta pawai Budaya ini, Ribuan Masyarakat berjejer untuk memberikan apresiasi di sepanjang Rute Pawai Budaya yang di Bagi menjadi dua arah ini. Dari Arah Timur, Peserta pawai Budaya Mengambil posisi Start dari KUD Sumber Jaya Desa Timu, Kemudian melintasi Desa Leu dan Finish di Pertigaan Cabang Donggo. Sedangkan dari Arah Barat, Peserta Mengambil titik Start di SMPN 4 Bolo, Desa Tambe kemudian melintasi Desa Rasabou dan Desa Rato untuk kemudian Finish di Tempat yamg sama di Cabang Donggo.

Seluruh Peserta pawai Budaya diterima Langsung oleh Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri, SE di panggung Kehormatan yang ditemani oleh Wakil Bupati Bima, Drs. Dahlan, M. Noer, serta didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Bima, Murni Suciyati. Hadir Pula Sekretaris Daerah, Drs H. M taufik HAK, M.Si, Kapolres Bima beserta Istri dan Dandim 1608.

 

Rasa Suka Cita dan keakraban terlihat dari wajah Peserta Pawai Budaya dan masyarakat yang menonton acara ini. Suguhan berbagai macam pertunjukan Seni dan Budaya Bima yang ditampilkan Peserta seakan mengingatkan kembali akan Tinggi dan beragamnya khasanah Budaya Bima (Mbojo). Hampir Seluruh Peserta Wanita memakai Pakaian Khas Wanita Bima, Yaitu Rimpu ( Rimpu Colo dan Rimpu Mpida), sedangkan bagi Yang Lelaki, Memakai Penutup Kepala yang lebih kita Kenal sebagai Sambolo dan bagian Bawah memakai Sarung Songke (Songket). Berbagai Pertunjukan Kesenian dan Budaya Bima juga ikut di Tampilkan diantaranya Musik Biola, Gantao, sarone, genda, Atraksi Kalondo Wei, Tari Soka dari Desa Sari Sape, Pasukan Berkuda, Kareku Kandei, Kareku Nocu, Hadrah, dan Lain-lain.

 

Selain Budaya Bima, beberapa Paguyuban juga berpartisipasi memeriahkan Pawai Budaya Hari Lahir Bima ini, salah satunya adalah Paguyuban jawa Timuran yang menampilkan Reog Ponorogo sebagai Suguhan Utamanya. Berbagai macam Pertunjukan Budaya yang Tampil dengan Kemasan yang bergitu Menarik menhadirkan Decak Kagum dari Bupati Bima dan Tamu Lainnya yang duduk di Tribun Kehormatan. Terik Matahari Tidak menyurutkan Antusiasme Masyarakat untuk Berpartisipasi Memeriahkan Hati Jadi Bima yang ke- 368 ini.

Selain keberagaman berbagai etnis masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Bima pawai budaya juga dimeriahkan oleh para pelajar dari berbagai sekolah yang ada di kabupaten Bima. Selaian Penampilan DrumBand, Mereka juga tampil mengusung berbagai kesenian dan ragam budaya di wilayah tempat belajar. Tak ketinggalan pula Polisi Wanita dan ibu-ibu Bhayangkari dan Persit Kartika Candra Kirana mengambil bagian menjadi peserta pawai budaya sore kemarin.

Antusiasme dari seluruh peserta untuk mengambil bagian melestarikan budaya yang ada di Bima ini dapat menjadi bukti kokohnya persatuan dan kebersamaan seluruh masyarakat Kabupaten Bima untuk membangun Kabupaten Bima yang lebih baik ke depannya.

Bupati Bima, Hj. Indah Damyanti Putri, SE

 “Saya bangga dan sangat mengapresiasi seluruh masyarakat yang terlibat dalam mensukseskan pawai budaya ini, terlebih mereka sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menunjukkan keberagaman budaya yang kita miliki. Inilah momentum kebersaman untuk kita membangun Kabupaten Bima ke depannya. Terima Kasih Kepada seluruh Masyarakat kabupaten Bima, khususnya kepada masyarakat Kecamatan Bolo yang telah bersedia menjadi  Tuan rumah dan telah membantu mensukseskan Acara Ini. InsyaAllah, Tahun depan Pawai Budaya Hari Jadi Bima akan dilaksanakan di Kecamatan Sape” Tutup Bupati Bima.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Santabeta Warasi Komentar ro Masukan...