Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Bupati Tentang Desa di kabupaten Bima

BIMA.— Kepala Desa Leu, Muhammad Taufik, S.Ag menghadiri acara Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Bupati tentang Desa di kabupaten Bima kerjasama Pemerintah kabupaten Bima dengan KOMPAK NTB. Senin, (4/6) bertempat di Gedung SMKN 3 Kota Bima. Pemerintah kabupaten Bima melalui Sekretariat Daerah bekerjasama dengan KOMPAK NTB menggelar Konsultasi Publik terhadap dua rancangan Peraturan Bupati Tentang desa, yaitu Raperbup tentang Pedoman pelaksanaan Peningkatan kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa  kabupaten Bima dan raperbup tentang Sistim Informasi Desa (SID) dikabupaten Bima.

Sekretaris daerah kabupaten Bima, Drs. H. M. Taufik HAK, Msi dalam Sambutannya menegaskan Pentingnya penyusunan Perbup Tentang Pedoman pelaksanaan Peningkatan kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa  kabupaten Bima dan perbup tentang Sistim Informasi Desa (SID) dikabupaten Bima . Menurut Beliau, beberapa Dinamika sangat mempengaruhi kebutuhan Peningkatan kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa. Sehingga diperlukan Sebuah Peraturan yang bisa menjadi Pedoman dan payung Hukum bagi Pemerintah Desa dan Kabupaten dalam menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa yang Efektif dan berkelanjutan.

Sekda berharap Pihak Terkait yang terlibat dalam Penyusunan Raperbup P3KAPD bisa Fokus terhadap isu-isu pengembangan kapasitas kelembagaan Desa yakni, struktur organisasi, mekanisme kerja, budaya organisasi, sistem anggaran/nilai, sarana prasarana dan prosedur kerja . Beliau juga mengatakan, secara Normatif,  dengan Adanya acara Konsultasi Publik terhadap Raperbup seperti ini, tentunya bisa menjamin keterlibatan masyarakat dalam Perumusan Kebijakan daerah.

Sementara itu, Kabid Pemdes di Dinas PMDes Kabupaten Bima, El, Faisal SE, MM dalam Pengantarnya menyatakan bahwa dua Raperbup yang dibahas dalam Konsultasi Publik ini adalah Raperbup Inovasi Pemerintahan  Kabupaten Bima yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Bima dan DC KOMPAK Bima menyikapi Dinamika dan Kebutuhan yang ada di masyarakat.

“ Permasalahan yang sering dikeluhkan oleh masyarakat adalah mengenai  kapasitas dan kualitas penyelenggara pemerintah desa mereka. Oleh karenanya, penting untuk melakukan serangkaian upaya  meningkatkan kapasitas pemerintah desa  yang sistimatis, terpadu, mandiri  dan berkelanjutan demi mensejahterakan masyarakat di desa, termasuk di dalamnya adalah bagaiman terciptanya Tatakelola Pemerintahan yang baik, yang salah satunya adalah dengan Penerapan Sisitim Informasi Desa (SID) di Desa. Secara Umum inilah yang melatarbelakangi penyusunan dua Raperbup ini”. Terang Kabid Pemdes, El Faisal, SE, MM

Sementara Itu, DC Kompak Bima, Asrullah Lukman mengatakan, Tujuan dari Konsultasi Publik ini tentunya untuk melakukan review sekaligus menerima masukan dan saran dari Pihak-pihak terkait terhadap rencana penyusunan Raperbup tentang Pedoman Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dan Raperbup tentang Sistim Informasi Desa (SID) di kabupaten Bima.

Acara konsultasi publik ini diikuti berbagai unsur instansi Pemerintahan seperti Setda, Bappeda, Bkd, Dpmd, Diskominfo, Camat, Operator SID, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua BPD, Media dan KOMPAK.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Santabeta Warasi Komentar ro Masukan...