Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan LANSIA, Pemerintah Desa Gandeng PKM Bolo

leu.desa.id— Bertempat di Aula Kantor Desa, Hari Sabtu Sore (12/05) Pemerintah Desa Leu bekerjasama dengan Pihak UPT Puskesmas Bolo melakukan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Lansia. Kegiatan ini sendiri merupakan salah satu bentuk Perhatian Pemerintah Desa terkait dengan Pelayanan Kesehatan bagi Masyarakat. Pemeriksaan Kesehatan Bagi Lansia kali ini dihadiri lebih dari 60 orang Lansia.

 

Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan untuk Para lansia dimulai dengan Penyuluhan Kecil yang dilakukan oleh dr. Hj. Fatimah Tuzzahra dari PKM Bolo. Topik yang dibahas diantaranya Pola Hidup Sehat Lansia dan Infoirmasi mengenai beberapa Penyakit. Setelah Kegiatan Penyuluhan selesai, Bidan desa dan Peugas Kesehatan dari PKM Bolo dibantu oleh Ibu-ibu PKK Desa Leu mengkondisikan Para Lansia Untuk Mengantri dan Registrasi.

Setelah melakukan Registrasi, Para lansia kemudian mengikuti Senam Lansia yang dipimpin oleh dr. Hj. Fatimah Tuzzahra. para Lansia ini begitu semangat mengikuti gerakan gerakan yang diperagakan oleh Instruktur. Sekitar 15 Menit, Senam lansia ini selesai dan kemudian dilanjutkan dengan Pemeriksaan Kesehatan.

Dimulai dari registrasi dan penimbangan berat badan, para lansia selanjutnya diarahkan untuk menghampiri pos pemeriksaan, di mana sudah ada dua orang Bidan Desa (Ulva Sofyanti, A.Md, Keb dan Nurlaela, A.Md, Keb) dan Dokter Hj. Fatimah Tuzzahra serta petugas kesehatan dari Puskesmas Bolo ( Junariah, S.Kep dan ratdiyah Sylviani, S.Kep) yang bertugas. Pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan tekanan darah dan di pos yang sama, para lansia juga diberi kesempatan untuk melakukan tanya jawab sesuai penyakit yang dikeluhkan. Dari keluhan-keluhan tersebut, pendataan penyakit penyerta juga dilakukan dan didokumentasikan dengan tulisan beserta semua hal yang ditemukan selama pemeriksaan. Lansia yang sudah selesai menjalani pemeriksaan selanjutnya mendapatkan Obat obatan dan suplemen vitamin dari Petugas Medis PKM Bolo.

Sekretaris Desa, Syam Ilyas, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Lansia dengan Melibatkan Dokter dan Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Bolo ini merupakan salah satu Program Pemerintah Desa guna memenuhi Kebutuhan social Dasar Masyarakat Desa. Menurut Sekretaris Desa, Kegiatan semacam ini sudah berlangsung sejak Tahun 2017 dan untuk Tahun rencananya akan dilakukan sebanyak 3 atau 4 kali yang biayanya bersumber dari Dana Desa.

Baca Juga : desa-leu-wakili-kabupaten-bima-dalam-lomba-bina-keluarga-lansia-bkl-tingkat-provinsi-nusa-tenggara-barat

Disamping Pemeriksaan berkala seperti ini, lanjut Syam Ilyas, Untuk Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, dan  Mendekatkan pelayanan kesehatan serta meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut,  Pihak desa juga membantu memfasilitasi Posyandu Lansia Tiap Bulan. Disamping itu, Kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL)  “Sepeda” tetap aktif melakukan Pembinaan terhadap Keluarga yang memiliki Keluarga Usia lanjut untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam mengasuh, dan  memberdayakan Lansia.

“Pemerintah Desa dua tahun ini telah membantu beberapa Hal terkait Posyandu lansia, diantarnya adalah pengadaan alat pemeriksaan kesehatan dasar, yaitu Tensimeter, Alat Timbang Badan, Alat Ukur Tinggi Badan, Stetoskop untuk Polindes, dan juga Pembagian Makanan Tambahan. Melalui Posyandu Lansia, Setiap bulan kita adakan pemeriksaan gratis, tensi, cek kalau kepala pening pusing gitu, terus pemeriksaan denyut jantung dan juga penyuluhan seputar kegiatan lansia,” terang Sekretaris Desa.

Kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan bagi para lansia ini berjalan lancar dan membantu dalam memberikan informasi mengenai kesehatan yang berhubungan dengan para lansia. Kedepannya, Dengan dukungan Dana Desa, Pemeriksaan berkala ini akan kembali dilakukan di Tempat yang sama

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Santabeta Warasi Komentar ro Masukan...