Rancangan peraturan Desa tentang APBDesa Leu TA. 2018 dievaluasi oleh Camat Bolo

LEU.DESA.ID — Hari senin (5/6) bertempat di Kantor camat Bolo, Dilakukan Evaluasi terhadap Dokumen Rancangan Peraturan desa tentang Anggaran, Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Desa Leu Tahun anggaran 2018. Rapat Evaluasi yang dilakukan di ruangan camat Bolo tersebut dipimpin langsung oleh Camat bolo, Mardianah, SH sebagai Ketua Tim evaluasi APBDesa Tingkat kecamatan bolo. Dari Pihak Pemerintah Desa Leu sendiri hadir Kepala Desa, Muhammad Taufik, S.Ag, Sekretaris Desa, Syam Ilyas, S.Pd Bendahara Desa Amiruddin dan Ketua BPD desa Leu , Muhkis, S.Pd. Hadir juga District Koordinator KOMPAK NTB Wilayah Bima, Asrullah.


Evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang APBDes TA. 2018 ini merupakan bagian akhir dari rangkaian Tahapan Pelaksanaan Penyusunan Rancangan Peraturan desa tentang APBDesa TA. 2018 sesuai dengan Peraturan Bupati Bima No. 5 Tahun 2018, Hasil Evaluasi Kecamatan ini akan jadi Rujukan Tim Verifikasi dan Evaluasi Versi SISKEUDES di Tingkat Kabupaten. Evaluasi ini dilakukan 3 hari setelah Rancangan Perdes tentang APBDesa 2018 Desa Leu disampaikan oleh Kepala Desa Leu kepada Bupati melalui Camat Bolo setelah sebelumnya dibahas dan disepakati bersama antara Kepala desa dan BPD.

Baca Juga : Rapat Pleno Pembahasn Bersama BPD, Pemerintah Desa dan Masyarakat Terkait Rancangan Peraturan Desa tentang APBDesa Leu, TA. 2018


Camat bolo dalam sambutannya mengatakan bahwa pada prinsipnya, Evaluasi RAPBDes adalah mensinkronkan atau mengharmonisasi kebijakan pemerintah daerah dengan kebijakan pemerintah desa agar tidak bertentangan dengan perundang undangan. “ Setelah menerima Rancangan Peraturan desa Leu tentang APBDesa Leu Tahun anggaran 2018, saya selaku ketua tim evaluasi kecamatan, bersama Tim lainnya kemudian mempersiapkan jadwal evaluasi bagi Desa Leu. Pelaksanaan Evaluasi Rancangan peraturan Desa tentang APBDesa oleh kami tentunya merujuk pada instrumen review dan evaluasi APBDesa Kabupaten Bima sesuai Perbup No. 5 Tahun 2018. Nantinya Hasil evaluasi ini akan kami keluarkan dalam bentuk surat keputusan camat dan akan jadi bahan Evaluasi Tim verifikasi dan evaluasi versi Aplikasi SISKEUDES di tingkat Kabupaten Bima” Terang Camat bolo.


Sementara itu Kepala Desa Leu, Muhammad Taufik, S.Ag dalam sambutannya menyatakan bahwa Pemerintah desa Leu dalam Menyusun APBDesa TA 2018 selain memperhatikan kebijakan dan teknis penyusunan, juga menperhatikan hal hal khusus diantaranya prioritas penggunaaan dana Desa TA 2018 sesuai dengan PERMENDESPPT RI Nomor 19 Tahun 2017 tentang prioritas Dana Desa Tahun 2018.
“ Hari ini, Rancangan perdes tentang APBDES 2018 Desa Leu dievaluasi oleh Tim Kecamatan. Proses penyusunan RAPBDes oleh Tim Penyusun sampai ke tahap rapat pleno pembahasan bersama yang dihadiri oleh camat bolo, PTPD kecamatan, pendamping desa, pemerintah desa, BPD, Toga, Toma, dan berbagai elemen masyarakat telah dilalui. Harapannya, evaluasi hari ini akan berjalan lancar dan tentunya tanpa banyak Koreksi” Harap Kepala Desa.


Sementara itu Ketua BPD Desa Leu, Muhlis S.Pd mengatakan bahwa Sesuai Instrumen review dan Evaluasi Rancangan Perdes tentang APBDesa, Evaluasi tingkat kecamatan akan fokus kepada Format APBDesa Desa Leu baik itu Konsideran Peraturan Desa beseta lampirannya, baik itu lampiran 1 yang berisi ringkasan APBDesa, Lampiran 2 berisi Rincian APBDesa, dan Lampiran 3 Berisi rekapitulasi Belanja Desa dan Pembiayaan Desa menurrut jenis sumber dana.
“ Setelah mendapatkan keputusan Camat tentang Evaluasi APBDesa, Kepala Desa Leu akan menyampaikan Dokumen Rancangan Peraturan Desa tentang APBDesa TA 2018, dan keputusan camat tentang Evaluasi hari ini kepada Tim Verifikasi dan Evaluasi APBDesa versi  aplikasi SISKEUDES Tingkat Kabupaten Bima yang ditunjuk oleh Bupati untuk dievaluasi. Kedepannya Hasil Verifikasi dan evaluasi APBDesa versi aplikasi SISKEUDES ini dapat dijadikan dasar oleh kepala desa Leu untuk menetapkan Rancangan Perdes APBDesa Leu ini meenjadi Peraturan Desa tentang APBDesa TA 2018. Semoga berjalan dengan Lancar dan sesuai Harapan. ” Tutup Ketua BPD Desa Leu, Muhlis, S.Pd

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Santabeta Warasi Komentar ro Masukan...