Uji Coba Pelembagaan Mekanisme Rapat Koordinasi Kecamatan Bolo

LEU.DESA.ID. Pemerintah Kecamatan Bolo bekerjasama dengan KOMPAK  menyelenggarakan Ujicoba pelembagaan Mekanisme Rapat Koordinasi Kecamatan dalam rangka Peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah dan Unit Pelayanan Teknis untuk Pengelolaan Pelayanan Dasar Yang Responsif. Acara yang dilakukan selama dua hari tersebut berlangsung di Aula Kantor Camat Bolo dan di Buka langsung oleh Camat Bolo, Mardianah, SH, hari Selasa, (20/02). Acara ini dihadiri oleh 33 orang peserta yang terdiri dari  Perwakilan DPMDes kabupaten Bima, Dukcapil, Kapolsek Bolo, Danramil, UPT Puskesmas, Pertanian, KUA, Kepala Desa dan Ketua BPD Desa Binaan Kompak Kec. Bolo, KlPLD, Koordinator SID, MITRA  Jurnalisme Warga dan LPA.

Secara Spesifik, Camat Bolo menegaskan bahwa Tujuan diadakannya Rakorcam Tingkat kecamatan Bolo ini adalah untuk Mengidentifikasi masalah yang ada di tiap tiap Desa dan UPT-UPT yang ada di kecamatan Bolo berkaitan dengan Pelayanan Sosial Dasar Kepada Masyarakat dan kemudian mengkolaborasi Peran strategis masing masing Pihak terkait Untuk kemudian dicarikan solusi bersama.

“Dalam Rapat ini, Peserta kami arahkan peserta  untuk mengisi Matriks Permasalah yang  mereka dihadapi. Kemudian  akan dijabarkan Solusi atau tindak Lanjut yang telah mereka lakukan dalam bentuk Program nyata untuk kemudian disepakati Jadwal Kegiatan Penanganan Masalah. Masalah yang diidentifikasi bermacam macam, ada kesehatan, Pendidikan, Pertanian, Desa, KUA, Dukcapil, dan lain lain”. Terang Camat Bolo

Sementara itu, Perwakilan dari KOMPAK NTB, Susana Dewi dalam sambutannya mengatakan bahwa pada prinsipnya, semua stakeholder yang ada harus berkontribusi bagi kemajuan Desa. Lebih lanjut menurut beliau, Dengan Adanya Ujicoba  Pelembagaan Mekanisme Rapat koordinasi Kecamatan Seperti ini, dapat ditemukan sebuah mekanisme baru untuk mengidentifikasi dan merumuskan  Peta dan Data Masalah Tematik yang ada di Kecamatan Bolo baik itu dari Pihak Desa maupun di tiap tiap UPT Dinas yang ada di Kecamatan Bolo untuk kemudian dapat dipetakan lagi terkait langkah langkah strategis yang akan dilakukan kedepannya  untuk menyelesaikan maslaah tersebut.

Pada Hari pertama Kegiatan, Acara dimulai dengan Paparan  dari Kasubid Pemberdayaan Masyaarakat dan Desa Bappeda Bima, Rahmawati SE mengenai  sosialisasi Standar Pelayanan Minimal serta Target dan Pencapaiannya di Kabupaten Bima. Kemudian dilanjutkan dengan Paparan Tematik  dari Pihak Kecamatan Bolo dan Stakeholder yang ada. Dan pada sesi Kedua  kembali dilanjutkan dengan Paparan Tematik dari 6 Kepala Desa Binaan KOMPAK di Kecamatan Bolo yang kemudian dirumuskan bersama sama. Sementara pada Hari kedua,  dilakukan Review Peta  dan data masalah yang telah diuraikan pada Hari Pertama dan ditentukan Perumusan Solusi serta RKTL yang akan dievaluasi bersama sama 3 bulan kedepan.  Terakhir, Disepakati Pembagian Peran dan Jadwal Turun Lapangan serta penandatanganan Komitmen bersama.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Santabeta Warasi Komentar ro Masukan...