Ribuan Hama Tikus serang Pertanian warga , Pemerintah Desa Leu lakukan musyawarah Desa Pengendalian Hama Tikus

Leu.desa.id (02/01) — Ribuan hama tikus menyerang sawah di wilayah Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Dua Pekan terakhir. Meski belum ada potensi gagal panen, petani khususnya yang ada di Desa Leu dan sekitarnya khawatir hasil sawahnya tidak memuaskan dan jauh dari Harapan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kecamatan Bolo, Muflin, menyebut, lahan pertanian yang diserang hama tikus berada di wilayah Desa Leu, Kananga, Rato, Timu, Kara, Bontokape, sondosia serta sanolo.

Hama Tikus menyerang Tanaman Padi Yang baru di Tanam atau berumur  antara dua sampai Tiga Minggu. Sementara itu, Kepala Desa Leu, Muhammad Taufik, S.Ag menyatakan bahwa Potensi  Pertanian Padi yang ada di Desa Leu adalah sekitar 233 Ha dan Normalnya rata rata setiap Musim Tanam mampu menghasilkan Gabah sekitar 5,8 Ton/Ha. Kondisi Serangan Hama Tikus Pada Tanaman Padi yang baru di tanam tentunya membuat Para Petani yang ada di Desa Leu Khawatir akan Gagal Panen.

Musyawarah Desa Persiapan Pembasmian Hama Tikus

“ Kami dari Pemerintah Desa berupaya melakukan Upaya preventif agar Serangan Hama Tikus yang ada tidak menyebar dan bertambah Luas dan masiv. Koordinasi dengan Dinas terkait yaitu Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Bima, Petugas PPL dan UPTD Dinas Pertanian dan Perkebunan Kecamatan Bolo telah kami lakukan. InsyaAllah, Pihak Dinas Terkait akan menyiapkan Obat-obatan untuk membasmi Tikus dan Hari Rabu dan Kamis kami akan mulai melakukan Tindakan Pembasmian Hama Tikus serentak di area Persawahan   di Desa Leu dan Sekitarnya.”. Terang Kepala Desa

Sebagai Upaya Pencgahan agar serangan Tikus  Tidak menyebar lebih Luas lagi, Pemerintah Desa Leu Selasa Malam (2/1) telah melakukan musyawarah Desa terkait persiapan pembasmian Hama Tikus di Area Pertanian Wilayah Leu dan Sekitarnya. Pertemuan ini dihadiri oleh BPD, Tokoh Agama, Kelompok Tani, Babinsa, dan Penggarap lahan Pertanian yang ada di wilayah Desa Leu. Dalam Pertemuan tersebut, Pemerintah Desa dan masyarakat yang hadir menyepakati Bahwa kejadian ini sudah masuk kedalam Kejadian Luar Biasa (KLB) dan harus dilakukan segera tindakan pembasmian bersama-sama. Pemerintah Desa juga juga akan membantu pengadaan Obat anti hama Tikus yang dibiayai dari APBDesa Tahun 2018.

Facebook Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Pengendalian Hama Tikus Terpadu, Wakil Bupati dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bima Turun Langsung melakukan Fumigasi/Pengemposan. – Desa Leu

Santabeta Warasi Komentar ro Masukan...