Cegah Pembalakan Liar, Pemerintah Desa Leu Patroli Bersama dengan Babinsa dan UPT Kehutanan Bolo

leu.desa.id – Dalam Rangka mencegah Pembalakan Liar  di Hutan Tutupan Daerah di Wilayah Desa Leu, Pemerintah Desa Leu melakukan Patroli bersama dengan Babinsa dan Pihak UPT Dinas Kehutanan Kecamatan Bolo, Minggu (5/11).  Sekretaris Desa, Syam Ilyas, S.Pd bersama Aparat Desa Sengaja menggandeng Babinsa dan Pihak Kehutanan guna mencegah Pembalakan Liar yang dilakukan oleh Warga Luar Desa menjelang Musim Tanam Jagung.

Menurut Sekretaris Desa, Ilyas Syam, Pemerintah Desa beserta  Pihak terkait merasa perlu mewaspadai Pembalakan Hutan Menjelang Musim Tanam. “ Tingginya Harga Jagung memaksa Warga yang kekurangan Lahan garapan mencoba untuk membuka Lahan di Hutan Tutupan Negara di wilayah Desa Leu dan Sekitarnya” Jelas Syam Ilyas saat ikut Patroli bersama, Minggu (5/11)

Terkait Mulai maraknya Pembukaan Lahan Pertanian menjelang musim Tanam di Kabupaten Bima,Pemerintah Desa bersama UPT Kehutanan beserta Pihak Terkait, dalam Hal Ini BABINSA Desa Leu, menginisiasi Patroli untuk mencegah Pembalakan Liar di So Lano Desa Leu.

“Patroli  Seperti Ini Perlu dilakukan secara Rutin guna meminimalisir Pencurian Kayu dan Pembukaan Lahan Baru. Apalagi Menjelang Musim Tanam Jagung Seperti Ini. Kami Melarang Warga Untuk Membabat Hutan di Hutan Tutupan Negara dan Daerah seperti yang ada di Leu ini” Tegas Babinsa Desa Leu, Bpk. Yusuf

Terkait sanksi terhadap masyarakat yang masih lakukan Pembalakan Liar, Babinsa dan UPT Dinas Kehutanan Kec. Bolo mengatakan untuk saat ini hanya akan memberikan Penyuluhan terkait Kerugian Pembalakan Hutan dan Sanksi Hukum Yang akan diterima jika terus melakukan Pembalakan.

Pada Patroli yang dilakukan hari Minggu Kemarin, Tim Patroli menemukan beberapa Gubuk Liar yang dibangun Peladang. Beberapa Pohon juga terliha sudah ditebang di sekitar Lokasi. Gubuk yang telah dibangun itu kemudian di robohkan Oleh Aparat Desa guna mencegah Pembalak tersebut Kembali lagi. Rencananya, Operasi seperti ini akan terus dilakukan oleh Tim terkait, dan Penyuluhan akan terus dilakukan kepada masyarakat oleh Pemerintah Desa beserta UPT Pertanian, Kecamatan Bolo.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Santabeta Warasi Komentar ro Masukan...