Pelatihan Lanjutan Operator Sistem Informasi Desa (SID) Provinsi Nusa Tenggara Barat

Leu.desa.id.  KOMPAK NTB Bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam Hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DPMD DUKCAPIL) mengadakan pelatihan lanjutan kepada semua operator SID binaan Kompak yang ada di wilayah Provinsi NTB di antaranya Operator SID untuk Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Bima, Kabupaten Sumbawa, dan Kabupaten Lombok Timur yang diselengarakan  pada tanggal 21 Mei 2017 sampai dengan tanggal 25 Mei 2017 di Hotel Aruna Senggigi dengan  total Jumlah 46 peserta.

Pelatihan Lanjutan ini Merujuk pada hasil review realisasi pengembangan SID yang dilakukan oleh KOMPAK yang dilaksanakan pada bulan Maret 2017 di seluruh Desa Binaan, termasuk Di Desa Leu dan sepuluh Desa lainnya  yang ada di Kabupaten Bima. Dalam Review realisasi tersebut ditemukan bahwa telah dicapai banyak kemajuan dalam pengembangan SID. Saat ini seluruh desa telah melakukan inputing data kependudukan ke dalam aplikasi SID. Disamping itu sebanyak 21 desa (dari 36 desa binaan Kompak di NTB) telah memanfaatkan SID untuk mendukung pelayanan administrasi yang mudah dan cepat.

Kepala Dinas PMPD Provinsi NTB, H. Rusman, SH. MH saat Memberikan Materi dalam Kegiatan Pelatihan Lanjutan Operator SID Provinsi NTB
Foto Bersama Kepala Dinas PMPD Provinsi NTB, H. Rusman, SH. MH dengan Peserta Pelatihan SID
Foto Bersama Peserta Pelatihan

Pelatihan Lanjutan bagi Operator SID Provinsi NTB ini  dilaksanakan selama 4 Hari Efektif mulai tgl 22-25 Mei 2017 bertempat di Hotel Aruna Senggigi Lombok Barat. Pada Hari Pertama Pelaksanaan Pelatihan ikut hadir Kepala Dinas PMPD Provinsi NTB bapak H. Rusman, SH. MH. Dalam kesempatan itu Kepala Dinas menekankan Pentingnya Sebuah Sistim Informasi Desa terkait dengan Keterbukaan Informasi di Desa. Menurut  beliau, Selaian untuk mendukung pelayanan administrasi yang mudah dan cepat,  Sistim Informasi Desa dalam hal ini melalui Website Desa, Transparansi Anggaran dan Pembangunan Desa bisa diekspos dan dinilai langsung oleh masyarakat Desa dan pihak Supra Desa, sehingga masyarakat bisa ikut andil dalam  Proses pembangunan dan Pemanfaatan Angaran Dana Desa dari Tahap Perencanaan, pengelolaan hingga pertanggungjawaban. Dengan kata lain, Diharapkan dengan penerapan Sistim Informasi Desa (website Desa) di Desa, Terjadi Peningkatan Kualitas Partisipasi dan pengawasan dari Masyarakat Desa.

Pemateri dari KOMPAK NTB
Pemateri Dari KOMPAK NTB

Sementara Itu, Perwakilan Kompak NTB, Muhammad Ridho makruf menyatakan bahwa Disamping beberapa pencapaian posistif tersebut di atas , pengelolaan SID masih belum sepenuhnya mampu menjawab kebutuhan untuk perbaikan tatakelola desa. Dalam Prakteknya, Pengelolaan dan pemanfaatan SID masih dirasa belum cukup optimal digunakan oleh Desa-desa Binaan Kompak. Hal ini terkait dengan Beberapa masalah Teknis dan Kapasitas Operator SID yang ada di Desa.  Beberapa hal  yang masih perlu ditingkatkan dan diatasi adalah :

(a). SID belum memuat secara lengkap seluruh data-data pendukung perencanaan desa, khususnya data-data pokok terkait pendidikan, kesehatan dan identitas hukum;

 (b). SID masih dikelola secara off-line sehingga belum dapat dijadikan sebagai media pendukung keterbukaan informasi publik di desa; dan

(c). SID belum didayagunakan secara Maksimal sebagai media pendukung transparansi dan akuntabilitas di desa.

Berbagai tantangan dan kebutuhan tersebut di atas perlu ditangani agar pemanfaatan SID dapat dioptimalkan dan diperluas. Berdasarkan latar belakang diatas, DPMD Provinsi NTB bekerjasama dengan KOMPAK NTB, merasa perlu dilakukan peningkatan kapasitas lanjutan bagi para operator SID terkait perluasan cakupan fungsi dan kualitas pengelolaan SID.

Pelatihan Lanjutan SID

Dalam Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari ini, secara Khusus Para Peserta di berikan Materi materi Lanjutan yang berkaitan dengan Sistim Informasi Desa ,  yaitu :

  • keterampilan teknis dalam menginput dan menyajikan data pendukung perencanaan pembangunan desa.
  • Keterampilan Teknis membangun dan mengelola website desa sebagai media publikasi kegiatan desa dan keterbukaan informasi publik di desa.
  • Peningkatan kemampuan dan Pemahaman operator SID dalam pengelolaan SID sebagai media pendukung transparansi dan akuntabilitas di desa. Salah satu materinya adalah Operator SID terampil mengoperasikan aplikasi pembuatan infografis untuk publikasi APBDES.

Dalam Pelatihan ini, DPMPD Kabupaten Bima Mengirimkan 11 orang Operator SID di semua Desa Binaan Kompak yang berada di wilayah Kecamatan Woha dan Bolo. Ke sebelas Desa Tersebut adalah Desa Rabakodo, Desa Talabiu, Desa Keli, desa Tenga, dan Desa Pandai, sementara dari Kecamatan Bolo yaitu Desa Leu, Desa Rato, Desa Rasabou, Desa Timu, Desa Bontokape dan Desa Darussalam. Disamping itu hadir juga Perwakilan dari DPMD Kabupaten Bima sebagai Peserta Pelatihan Lanjutan ini.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Santabeta Warasi Komentar ro Masukan...