Siswa SDN Inpres Leu Juara Lomba Bercerita dan Membaca Cepat Tingkat Kabupaten Bima

Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) Inpres Leu, Muhammad Al fathir, meraih Juara Pertama dalam lomba Membaca Cepat Tingkat SD/MI se-Kabupaten Bima yang di adakan oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Bima. Kegiatan Lomba ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Bima ke-377 tahun 2017.

Kepala Bidang Pengembangan Dan Promosi Perpustakaan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Bima Arsyad HAR, M.Pd mengemukakan, Kegiatan lomba yang di adakan ini untuk merangsang minat baca bagi para pelajar di di kabupaten Bima.  mata lomba yang digelar adalah Lomba Bercerita dan MembacaCepat tingkat SD/MI, Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat SMA/SMK dan Lomba Mewarnai Gambar Tingkat TK/PAUD se-kabupaten Bima.

Kepala SDN Inpres Leu, Ahmad Marhaban,S.Pd, mengakui bangga atas prestasi yang diraih siswinya karena telah kembali mengharumkan Nama Baik Sekolah SDN Inpres Leu di Tingkat Kabupaten Bima. “Apapun Hasilnya, inilah hasil terbaik yang mampu dipersembahkan siswi sekolah ini. Terima Kasih Kepada Bapak Syahbudin,S.Pd SD dan Siti Aisyah, S.PdIselaku  Guru Pembimbing yang telah sabar dan gigih membimbing anak didiknya sehingga mendapatkan Prestasi seperti sekarang. Ini merupakan Bukti bahwa SDN INPRES LEU Konsisten melahirkan Siswa Siswa Berperstasi” Ujar Beliau.

Untuk Prestasi yang diperoleh, Dalam Lomba Bercerita, Dimas Islam Al-Bukhori mendapat juara Harapan 1 dan Fitriani Anton mendapat Juara Harapan 3, Sedangkan untuk Kategori Lomba Membaca Cepat, Muhammad Al Fatir Mendapat Juara 1, Ketigannya adalah Murid Kelas V SDN Inpres Leu.

Untuk Diketahui, Pada Tahun 2016 lalu, Haykal, Siswa dari SDN INPRES Leu berhasil mewakili Provinsi NTB dalam Lomba Bercerita Tingkat Nasional yang dilangsungkan  di Jakarta. Dalam lomba bercerita tingkat nasional yang berlangsung dari tanggal 14 – 16 Agustus 2016 itu, Haykal membawakan naskah cerita rakyat asal Bima yang berjudul “Parise Buncu” dalam bahasa Indonesianya adalah Parisai di Desa Buncu yang ada di wilayah Sape, ujung timur Kabupaten Bima. Cerita Rakyat Bima ‘Parise Buncu” ini merupakan cerita perjuangan seorang tokoh adat atau kepala kampung yang bijaksana memperjuangkan rakyatnya dari penindasan raksasa yang jahat.

Walaupun tidak sampai Juara, Prestasi Haykal mewakili Provinsi NTB sangat membanggakan. Bagaimana tidak murid kelahiran Desa Leu, Bolo, Bima, 14 November tahun 2005 ini merupakan anak yang berasal dari keluarga kurang mampu. Sang bapak, Kisman mata pencaharian sehari-harinya sebagai buruh tani. Sementara sang ibu, Suhadah sehari-hari bekerja menjadi tukang setrika baju orang lain untuk mendapatkan upah sekedarnya. Meski berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi jauh dari kata layak, Haykal menunjukan bisa berprestasi di sekolahnya.  Bahkan sejak duduk dibangku kelas I-III, Haykal selalu menjadi juara kelas, sementara ketika semester kenaikan kelas IV, Haykal terpaksa berada di rangking ke II (dua). Kendati demikian, Haykal tak lantas, patah semangat, justru itu membuat dirinya semakin lebih semangat untuk belajar meningkatkan prestasinya bahkan hingga tingkat nasional seperti sekarang ini, menjadi wakil NTB di kancah nasional.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Santabeta Warasi Komentar ro Masukan...