Mini Lokakarya Review dan Evaluasi Realisasi Sistem Informasi Desa (SID) Kecamatan Bolo

Leu.desa.id. Camat Bolo, Mardianah, SH membuka secara Langsung Kegiatan Mini Lokakarya Review dan Evaluasi Realisasi Sistem Informasi Desa (SID) di Aula Kecamatan Bolo Rabu (8 Maret 2017). Seperti diketahui sebelumnya Sebanyak 6 Desa dari total 14 Desa Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima menjadi pilot project pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) yang difasilitasi oleh KOMPAK. Adapun ke 6 Desa tersebut adalah Desa Leu, Desa Rasabou, Desa Rato, Desa Timu, Desa Bontokape, dan Desa Darusalam

20170310_070113
Dalam sambutannya, Camat Bolo memberikan gambaran secara umum tentang gambaran penguasaan TIK serta literasi informasi dan media pada aparat desa maupun simpul-simpul masyarakat desa di kabupaten Bima, yang masih sangat lemah. Selama ini, para aparat desa serta kader masyarakat untuk berbagai program pemerintah seperti kader PKK, Posyandu, kepala dusun, aparat RW, RT, telah terbiasa dengan berbagai kegiatan pengumpulan data dengan instrumen yang telah disiapkan oleh jenjang pemerintahan di atasnya. Namun seringkali terjadi, berbagai data yang mereka kumpulkan tidak sinkron mana kala dipertemukan antara satu data dengan data lainnya. Banyak data dikumpulkan lebih untuk kepentingan tingkat pemerintahan di atas dan belum terasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat setempat.
Lebih Lanjut, Beliau berharap dengan diadakannya mini lokakrya ini bisa memperkuat Lagi pemahaman dan kemampuan Teknis para Operator SID 6 Desa yang menjadi desa binaan Kompak dan Beliau Berharap Kepala Desa yang hadir bisa terus memfasilitasi dan mendukung Terintegrasinya Sebuah Sistem Informasi yang utuh di Masing masing Desa. Lebih Jauh Beliau juga secara khusus meminta kepada Kompak untuk bisa memfasilitasi Desa desa lain di Kecamatan Bolo yang belum mengaplikasikan SID. Harapannya kedepan semua Desa di Kecamatan Bolo akan memiliki SID untuk meningkatkan Pelayanan Dasar Terhadap Masyarakat.
Sebagai Rujukan, Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa (UU Desa) mengamanatkan pengembangan sistem informasi desa (SID) demi membuka akses informasi dari tingkat desa, yang terhubung/berjaringan secara berjenjang dengan sistem pemerintahan di level nasional. SID diharapkan dapat mendorong kemajuan desa dengan mengoptimalisasikan potensi lokal. Sebagaimana yang diamanatkan dalam pasal 86 ayat 4 UU Desa, SID berisi informasi yang meliputi data Desa, data Pembangunan Desa, Kawasan Perdesaan, serta informasi lain yang berkaitan dengan Pembangunan Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan. UU Desa lebih lanjut mengatur bahwa SID akan dikelola oleh Pemerintah Desa, dan dapat diakses oleh masyarakat Desa beserta semua pemangku kepentingan. Ia merupakan sebuah sistem informasi yang menghubungkan antar fungsi pengelolaan data dan informasi secara utuh di lingkup desa. Diharapkan, SID akan berperan sebagai alat olah data dan informasi berbasis TIK yang akan menjadi salah satu rujukan dasar dan pemberi fungsi layanan di tingkat desa yang akan berjalan baik dalam ranah offline maupun online. Pada bentuknya yang offline, SID mengejawantah dalam sebuah jaringan data dan informasi di kantor desa. Pada bentuknya yang online, SID akan terbangun dan terhubung dalam jaringan data dan informasi berbasis internet, yang menghubungkan desa dengan dunia luar.

20170310_070945
Sebagai informasi , Aplikasi SID yang diterapkan di 6 Desa ini adalah adalah sebuah platform teknologi informasi komunikasi untuk mendukung pengelolaan sumber daya komunitas di tingkat desa.

1-12-134
SID merupakan salah satu Program Kerja Kompak, dimana Kompak memfasilitasi pemerintah desa untuk membangun sistem informasi desa (SID). Sebelum digelar pendampingan ini, langkah awal yang telah dilakukan oleh Kompak adalah Pelatihan Dasar untuk Operator SID pada Bulan September 2016 di Mataram.

20170310_07052620170310_070319
Sementara itu, Koordinator KOMPAK Regional NTB, Muhammad Ridha Makruf menyatakan bahwa Tujuan dilakukan Mini Lokakarya ini adalah Melakukan proses klarifikasi bersama terhadap realisasi Sistem Informasi Desa (SID) untuk kemudian Menyusun rekomendasi untuk pengembangan dan penerapan SID di Kecamatan Bolo. Lanjut Beliau, Perlu ada proses review dan evaluasi sejauh mana SID telah dibangun dan dimanfaatkan oleh para pihak di tingkat desa dalam situasi normal untuk pelayanan publik atau perencanaan desa dan yang terpenting adalah Memetakan proses pembangunan/penerapan Sistem Informasi Desa (SID) yang telah berjalan di tingkat desa.

20170310_070643
Kegiatan ini di Mulai sekitar Pukul 09.30 WITA di Aula Kantor Camat Bolo. Selain Operator juga hadir Masing masing Kepala Desa, Perwakilan Dinas PEMDES Kabupaten Bima,dan Distrik Koordinator Kompak Bima. Selain review dan Evaluasi, Dalam Kegiatan Mini Lokakarya sehari ini juga dilakukan Bimbingan Teknis Lanjutan terhadap Para Operator SID ke 6 Desa Binaan Kompak.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Santabeta Warasi Komentar ro Masukan...