BPJS Kesehatan Gelar Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Desa Leu

Leu.desa.id. (28/02/2017). Sebagai salah satu yang program pemerintah yang memberikan pelayanan kesehatan yang baik, BPJS telah banyak membantu masyarakat dalam berbagai aspek. Untuk saat ini keberadaan BPJS sendiri bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat yang menggunakannya. Perlu diketahui sebelumnya bahwa BPJS yang diranjang pada tahun 2013, secara resmi baru bisa digunakan secara nasional ditahun 2014. Kehadirannya sendiri terbagi atas 2 jenis kartu yang berbebeda yaitu BPJS Kesehatan dan juga BPJS Ketenaga Kerjaan. Untuk masing-masing jenis asuransi kesehatan ini memiliki prospek yang sama yaitu memberikan jaminan sosial kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Jaminan kesehatan sangatlah penting dan dibutuhkan oleh masyarakat dari semua golongan, maka penyebaran informasi tentang cara akses Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS diperlukan oleh masyarakat. Oleh itu, dalam rangka memberikan informasi pelaksanaan program kesehatan nasional yang telah dilakukan, dan tentang apa saja dampak dan manfaatnya bagi masyarakat di Kabupaten Bima, maka Pemerintah desa Leu bekerja sama dengan Puskesmas Bolo dan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan Cabang Bima melakukan Sosialisasi Tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)- Kartu Indonesia Sehat (KIS) BPJS Kesehatan yang bertempat di Aula Kantor Desa Leu Pagi Tadi.

20170228_091919

20170228_100945 20170228_092551 20170228_092335
Acara Sosialisasi ini dimulai dengan sambutan dari Kepala Desa Leu, Bapak Muhammad Taufik,S.Ag. Dalam sambutannya, beliau  berpesan kepada Masyarakat yang hadir untuk memanfaatkan momen yang ada untuk bertanya kepada pihak BPJS Kesehatan Cabang Bima dan menyampaikan apa saja pengalaman yang dirasakan oleh warga Desa Leu terhadap Pelaksanaan JKN tersebut. Kepala Desa juga berharap kepada Warga yang Hadir untuk dapat mempromosikan dan melakukan penyadaran kepada masyarakat di wilayah Desa tentang program Jaminan Kesehatan Nasional dari BPJS Kesehatan.
“Saya berharap Masyarakat yang sempat Hadir Hari ini bisa menjadi Corong Informasi Kepada Masayarakat yang belum sempat Hadir. Tolong sebarkan Informasi yang anda dapat hari ini, dan berikan pemahaman kepada warga lain akan manfaat mendaftarkan diri atau ikut dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional ini.”Tegas Kepala Desa
Sosialisasi mengenai BPJS dan informasi lengkap mengenai Jaminan Kesehatan Nasional ini diberikan langsung oleh staff BPJS Kesehatan cabang Bima yaitu Bpak Ilham. Informasi yang diberikan berupa garis besar Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), landasan hukum, apa saja sistem Jaminan Sosial Nasional, bagaimana proses,jenis, dan tahapan kepesertaan, syarat pendaftaran, identitas apa saja yang berlaku, manfaat jaminan kesehatan, alur pelayanan kesehatan serta tahapan pemberian fasilitas kesehatan, kemudian apa saja pelayanan kesehatan yang dijamin dan yang tidak dijamin, serta informasi penting seperti prosedur penetapan Denda dan pembayaran Iuran.
Selain dari BPJS Kesehatan, pihak dari Puskesmas Bolo yang di wakili langsung Oleh Kepala Puskesmas Bapak Bisrun,SKM pada kesempatan ini turut serta memaparkan tentang trend jenis penyakit dan biaya pengobatan serta manajemen keuangan, Juga Alur Pengobatan Masyarakat yang dapat dikelola oleh Puskesmas melalui akses JKN. Kepala Puskesmas juga menguatkan sosialisasi yang diadakan dengan memberikan materi tambahan tentang perlu dan pentingnya JKN bagi diri sendiri dan keluarga serta konsep kesiapsiagaan yang perlu ditumbuhkan dalam melindungi diri sendiri dari ancaman sakit yang tidak dapat diduga kapan akan menyerang.

20170228_10284820170228_10293920170228_103136
Pada Akhir Acara dilakukan sesi Tanyajawab. Pada Sesi interaktif tanya jawab diadakan, masyarakat yang hadir cukup aktif bertanya kepada pihak BPJS Kesehatan dan Perwakilan Puskesmas Bolo yang hadir, Masyarakat umumnya menyampaikan kendala dan pengalaman yang dirasakan serta berbagi kisah selama menjadi peserta JKN.
Sosialisasi ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Jaminan Kesehatan di tingkat dasar serta menjadi pemicu kepada masyarakat yang hadir dalam sosialisasi ini yang belum menjadi peserta untuk mendaftarkan diri sebagai peserta JKN. Untuk informasi mengenai JKN, BPJS menyediakan care centre 24 jam yang dapat dihubungi di nomor 1500400 dan Untuk BPJS Kesehatan Cabang Bima masyarakat bisa menghubungi langsung ke Nomor Staff BPJS yaitu Ilham (081339930791) DAN Nunung (081339908245).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Santabeta Warasi Komentar ro Masukan...