Penyambutan dan Penerimaan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu STKIP Bima di Desa Leu

Leu.desa.id. Selasa  7 Februari 2017, 20 orang Mahasiswa dari berbagai Jurusan  Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan  (STKIP) Bima tiba di Desa Leu . Kehadiran 20 Orang Mahasiswa Ini dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) terpadu yang akan berlangsung sampai tanggal 7 April 2017.  Penyambutan Mahasiswa STKIP Bima ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Leu dan Langsung di sambut hangat oleh Bapak Kepala Desa Muhammad Taufik, S.Ag beserta jajaran Pemerintah desa serta Jajaran Pimpinan BPD Desa Leu.

20170207_115406

Dalam Sambutan Pengantarnya, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN STKIP angkatan 28 mengatakan bahwa kehadiran  mahasiswa melalui program KKN ini diharapkan dapat meningkatkan dan menggali Potensi local yang ada di Desa Leu. Lebih lanjut, dijelaskan bahwa Sebelum di terjunkan ke Lapangan, terlebih dahulu Mahasiswa diberikan pembekalan selama dua hari di Kampus, Diharapkan Mahasiswa dapat hadir mengimplementasikan ilmu pengetahuan serta wawasannya dalam kehidupan bermasyarakat.

“Pelaksanaan KKN ini merupakan salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaknipendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Insha Allah Selama dua bulan pelaksanaan KKN di desa Leu, Mahasiswa siap  bersinergi dengan Pemerintah desa dan Masyarakat dalam menyukseskan program kerja Pemerintah Desa dan  akan selalu turut berpartisipasi aktif dalam berbagai Kegiatan social kemasyarakatan, ”.Jelasnya

Lebih jauh Dosen Pembimbing Lapangan menjelaskan bahwa seluruh peserta KKN berasal dari lima program Pendidikan, yaitu Ekonomi, Biologi, BK, Matematika dan Sosiologi. Seluruh mahasiswa ditempatkan menyebar di empat kabupaten Kota yaitu Kota Bima, Kabupaten Dompu, kabupaten Bima dan Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Sementara Itu, Kepala Desa Leu dalam sambutan penerimaan mengatakan bahwa Secara Umum, Desa Leu siap memberikan  Bantuan dan Pendampingan selama berlangsungnya Kegiatan KKN Mahasiswa di desa Leu. Secara khusus Beliau menjelaskan bahwa saat sekarang Desa Leu tengah bersiap dalam menghadapi Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima. Oleh karena itu  beliau menekankan pentingnya  peran aktif Mahasiswa dan masyarakat Leu dalam menyukseskan  Desa Leu  sebagai Desa Lomba.

“Kegiatan  KKN  tentunya bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada Mahasiswa  bagaimana menyikapi Dinamika social Kemasyarakatan  yang ada . Bagaimana Mahasiswa dapat berfikir secara komprehensif  terhadap Dinamika yang ada, di samping itu, output yang diharapkan adalah KKN juga dapat menyiapkan dan membentuk kepribadian Mahasiswa sebagai Kader Perubahan dalam masyarakat”. Sambut Kepala Desa

“KKN merupakan bentuk pengabdian kepada Masyarakat, berikan sumbangsih sesuai kapasitas keilmuan anda sebagai intelektual muda, berikan masukan dan saran serta terobosan baru dalam meajukan Lokasi kegiatan anda, dalam hal in adalah Desa Leu.  Dalam dua bulan kedepan anda akan menjadi warga Desa Leu, suka atau tidak suka banyak hal baru yang akan anda temui dalam kehidupan bermasyarakat  di sini, pahami dan pelajari semua kearifan Lokal di sini dan sesuaikan dengan Program Kerja yang akan anda kejakan, InsyaAllah Masayarakat dan Pemerintah Desa siap memberikan bantuan dan Pendampingan”. Tutup Kepala Desa.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Santabeta Warasi Komentar ro Masukan...