Safari BBGRM Di Desa Leu, Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri Serap Aspirasi Masyarakat

Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri dan Wakil Bupati Drs. H.Dahlan M.Noer

Leu.desa.id. Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri yang didampingi oleh sejumlah Kepala SKPD dan Camat Bolo mengunjungi Desa Leu Rabu (1/2/2017) dalam rangka safari Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat kecamatan Bolo Tahun 2017. Bertempat Di Aula Kantor Desa Leu, Acara tatap muka Yang di Mulai Sekitar Pukul 16.30 Wita Tersebut dihadiri oleh berbagai unsur Masyarakat Desa Leu, diantaranya Anggota BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama , Tokoh Pendidikan, Pemuda, Kelompok Tani, kader Posyandu dan perwakilan masyarakat lainnya.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Armin Farid, S.Sos menjelaskan, sesuai jadwal, kunjungan itu  dilaksanakan Rabu (1/2/2017) hingga Kamis (16/2/2017) mendatang. Kunjungan atau pemantauan langsung  Hari Pertama dimulai dari Desa Sanolo, Sondosia, Darussalam, Bontokape, Timu dan Leu.

Bupati Bima Beserta Sejumlah Kepala SKPD dalam kegiatan Safari BBGRM di Desa Leu
Bupati Bima Beserta Sejumlah Kepala SKPD dalam kegiatan Safari BBGRM di Desa Leu

Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri dalam sambutannya mengatakan bahwa safari ini dimaksudkan untuk monitoring dan evaluasi (Monev) pelaksanaan APBDes 2016 dan persiapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes)  dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2017. Dalam Kesempatan ini juga Bupati Bima yang biasa di panggil dengan Umi Dinda tersebut tidak lupa mengingatkan kepada kepala desa agar transparan dalam pengelolaan keuangan desa mulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan. Bupati IDP juga meminta kepala desa agar menyiapkan papan informasi yang memuat program dan item anggaran desa. Hal itu sesuai dengan output yang diharapkan pasca Bimtek yang digelar PPID Kabupaten Bima.

20170203_200228
Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri memberikan arahan dalam kegiatan safari BBGRM di Aula Desa Leu

“Para kepala desa sudah mengikuti Bimtek dengan Kominfo berkaitan dengan keterbukaan informasi publik. Saya berharap agar para kepala desa menerapkan apa yang menjadi amanat Bimtek itu untuk diterapkan di masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala desa Leu, Muhammad Taufik, S.Ag dalam kesempatan ini memaparkan program program pemerintah Desa Leu yang telah terselenggara di tahun 2016 berkaitan dengan realisasi pelaksanaan APBDes Desa Leu. Diantaranya di bidang pembangunan Desa adalah Pembangunan Posyandu di dusun Sepeda, pembuatan saluran Irigasi Tersier di Tegalan Desa Leu, perbaikan dan perawatan Jalan Ekonomi Desa dan berbagai proyek fisik lainnya.

Selanjutnya Kepala Desa memaparkan Rencana Kerja Pemerintahan Desa di tahun 2017, secara umum beliau mengatakan bahwa akan memprioritaskan penggunaan Dana Desa di bidang pelayanan Sosial Dasar bagi masyarakat. Seperti pelayanan dasar di bidang kesehatan, salah satunya adalah dengan memfasilitasi alat kesehatan dasar di posyandu. Kemudian berkaitan dengan sanitasi lingkungan, beliau mencontohkan Desa akan menganggarkan untuk pembuatan saluran pembuangan limbah rumah tangga untuk lingkungan yang masih membutuhkan, dan juga berkaitan dengan kebersihan lingkungan, di tahun 2017 operator Motor Sampah Desa akan ditambah jumlahnya, hal ini berkaitan dengan kebutuhan Lapangan. Kemudian Pengembangan  ekonomi masyarakat dengan memperkuat pendampingan terhadap Badan usaha Milik Desa (BUMDes) yang telah ada.

Dalam Pemaparannya, Kepala Desa juga mengatakan bahwa di tahun 2017 ini Pemerintah Desa berencana akan membangun PAUD Holistik integratif di Desa Leu. “Pendekatan Holistik Integratif adalah pendekatan dalam PAUD yang tidak hanya menekankan pada pendekatan pendidikan semata, akan tetapi akan mencakup pada aspek pelayanan Gizi,  pelayanan kesehatan, pengasuhan dan perlindungan anak. Ini berkaitan langsung dengan Pelayanan Sosial Dasar masyarakat, Dan ini yang InshaAllah akan kita bangun dengan Dana Desa di tahun 2017.” jelas Kepala Desa.

20170201_172619-01
Tokoh Masyarakat ketika menyampaikan Aspirasi di hadapan Bupati Bima

Dalam Kesempatan ini juga, Bupati Bima beserta kepala SKPD yang hadir juga mendengarkan Aspirasi dari berbagai elemen Masyarakat Desa Leu secara secara langsung. Berbagai Aspirasi yang masuk langsung ditanggapi oleh Bupati Bima dan Kepala Dinas Terkait. diantaranya adalah berkaitan dengan infrastruktur Desa yang tidak bisa tercover oleh Dana Desa, kemudian aspirasi Kader Posyandu desa Leu yang meminta kepada Bupati Bima untuk mengubah regulasi yang berkaitan dengan Insentif Kader Posyandu.

Menanggapi berbagai usulan itu, Bupati Bima  mengiyaratkan pemerintah akan menindaklanjuti  usulan itu dengan menyesuaikan kemampuan APBD Kabupaten Bma. Beliau mengatakan bahwa Sejumlah usulan tersebut akan disesuaikan dengan item yang tertuang dalam APBDes Desa Leu Tahun 2017.

20170201_175217-01
Antusiasme masyarakat Leu menyambut Safari BBGRM tingkat kecamatan Bolo di Desa Leu

20170201_175247-01

Pada Kesempatan ini juga Bupati secara khusus berterima kasih kepada Pemerintah Desa Leu yang telah berhasil mengelola Dana Desa secara terbuka dan bertaanggung jawab sehingga untuk tahun 2016 kemarin, Desa Leu terpilih bersama lima Desa Lainnya di Provinsi NTB terpilih sebagai desa prospektif Good governance dalam pengelelolaan keuangan Desa. Beliau juga mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada di desa Leu untuk merawat hasil pembangunan yang di capai, seperti fasilitas umum agar bisa digunakan dan dirasakan manfaatnya secara optimal.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Santabeta Warasi Komentar ro Masukan...