Siap Melayani Masyarakat Desa Leu dan Sekitarnya, Tahun 2017 BUMDes “La Ndoli” Desa Leu melayani Jasa Pembayaran Listrik, Pengiriman Uang Antar Bank, Jasa Pembayaran Iuran BPJS, PDAM, dan lain-lain.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa memberi kewenangan luar biasa kepada desa. Salah satunya adalah kewenangan dalam pengelolaan aset lokal. Dengan diberlakukannya UU Desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dinilai bisa menjadi salah satu alat perjuangan di desa. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintahan desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. BUMDes menurut Undang-undang nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah didirikan antara lain dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD). Lebih lanjut, sebagai salah satu lembaga ekonomi yang beroperasi dipedesaan,BUMDes harus memiliki perbedaan dengan lembaga ekonomi pada umumnya. Ini dimaksudkan agar keberadaan dan kinerja BUMDes mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan warga desa.

Kepala Desa Leu, Muhammad Taufik,S.Ag mengatakan pembentukan BUMDes Desa Leu dilatar belakangi oleh potensi ekonomi dan  peluang usaha yang ada di desa Leu. BUMDes tersebut di arahkan untuk bergerak di bidang pertanian dan Industri Kecil.  “Nama BUMDes-nya “La Ndoli” Mudah-mudahan Bisa berjalan sesuai dengan harapan Masyarakat. Jadi Penerang ekonomi masyarakat desa,” ujarnya,.
Lebih Lanjut, Dikatakannya, BUMDes yang terbentuk tersebut salah satu manfaatnya yakni untuk mengakomodir kebutuhan petani dan industry kecil yang berada di Desa Leu. Sesuai dengan visi desa, Mewujudkan Desa Leu Menjadi Desa Mandiri Melalui Bidang Pertanian Dan Industri Kecil” Lanjut Kepala Desa

Sementara Itu, Ketua BUMDes Desa Leu, Irfan S.Pd mengatakan dalam pengelolaan Unit Usaha yang ada, dirinya beserta seluruh pengurus BUMDes la Ndoli akan memanfaatkan segala peluang  dan potensi local yang ada di Desa Leu

Katua BUMDes Desa Leu, Irfan, S.Pd
Katua BUMDes Desa Leu, Irfan, S.Pd

“Sebagai Rintisan Usaha, kami sekarang melayanai Jasa Pembayaran Listrik, Pengiriman Uang Antar Bank, Tiket Pesawat, Tiket Kapal Pelni, Jasa Pembayaran Iuran BPJS, PDAM, angsuran kredit motor FIF dan lain-lain. Di samping itu untuk kebutuhan Petani saat ini sementara ini BUMDes juga menjual Pupuk Phonska. Kedepannya, Kami akan melengkapi dengan Jenis Pupuk yang lain dan juga Obat-obatan Pertanian” Ujarnya.

“Untuk Saat Panen nanti, BUMDes Desa Leu akan mencoba bekerja sama dengan pihak Petani dengan cara menampung Gabah para Petani dan kemudian menyalurkan pada pihak Bulog. Kami juga punya alternative sebagian gabah tersebut akan dijual dalam bentuk beras yang nilainya bisa dua kali lipat. Pendapatan ditambah keuntungan atau selisih yang diperoleh, dapat digunakan untuk membeli lebih banyak gabah dari petani. kami yakin kalau ini terus digulirkan, maka bukan tidak mungkin semua produksi padi petani dapat dibeli oleh BUMDes Desa Leu. Keuntungan pun dapat digunakan untuk memperbaiki dan menambah alat system pertanian (alsintan), benih, pupuk atau lainnya di desa. Ini tidak hanya untuk hasil pertanian padi, namun juga tanaman lainnya yang disesuaikan dengan potensi yang ada di desa. Sehingga kesejahteraan petani dan kemandirian pangan di desa adalah sebuah keniscayaan”. Tutupnya

Facebook Comments

3 Comments

  1. Selamat siang. Saya Yosefa, mahasiswa dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Kami hendak melakukan penelitian terkait Desa Leu. Apakah saya boleh meminta kontak kepala desanya? Terima kasih.

Santabeta Warasi Komentar ro Masukan...