Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Desa Leu Tahun 2016 Resmi Dibuka

 Leu25-11-2016.  Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Desa Leu Tahun 2016 resmi dibuka oleh Camat Bolo Bapak Muslimin, S.Sos. MTQ Desa Leu Tahun 2016 ini mengusung Tema DENGAN MTQ KITA TINGKATKAN MINAT BACA AL QURAN  mengambil Lokasi Di Dusun Seroja,RT 08 tepatnya di Belakang Kantor Desa Leu. Malam Pembukaan MTQ tingkat Desa Leu Tahun 2016 yang dihadiri Oleh Bapak Kapolsek Bolo, Danramil Bolo,  Kepala Desa SeKecamatan Bolo, Anggota DPRD Kabupaten Bima Dapil 1, Kepala Kantou Urusan AGama (KUA) Kecamatan Bolo, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat para Panitia MTQ Tingkat Desa Leu, Para Dewan Hakam, para Qori dan Qoriah, dan seluruh Lapisan Masyarakat Desa Leu dan Desa Sekitarnya ini berlangsung Meriah

Momentum MTQ Tingkat Desa Leu tahun 2016 dimanfaatkan oleh Camat Bolo untuk menyerukan pentingnya membumikan Alquran. Sehingga, Nilai-nilai dlam Alquran bisa lebih mudah dipahami dan dilaksanakan oleh Masyarakat.

camat
Camat Bolo, Muslimin, S.Sos Membuka secara Resmi MTQ Tingkat Desa Leu Tahun 2016

Camat Bolo Muslimin, S.Sos dalam sambutannya juga menyatakan bahwa  MTQ tingkat Desa Leu kali ini adalah moment yang tepat untuk menggaungkan kembali nilai nilai kemanusiaan dan solidaritas terhadap sesama Muslim, dalam konteks local yaitu tentang kesalehan sosial, yang mengutamakan pembelaan pada yang lemah, fakir dan Miskin dalam bentuk pemerataan Pembangunan Desa disegala sisi. Camat Bolo dalam sambutannya juga berharap MTQ yang telah membudaya ditengah masyarakat bisa terus berkembang dari segi Syiar dan kualitas penyelenggaraannya. Menurut Beliau Prinsipnya adalah bagaimana memasyarakatkan baca tulis Alquran dan meningkatkan minat masyarakat untuk mempelajari Alquran. Dan Setelah Pelaksanaan MTQ tingkat Desa Leu ini seluruh masyarakat Desa Leu bisa lebih Qurani dan memiliki kesadaran komunal akan pentingnya pemahaman tentang Baca Tulis Alquran dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari hari.

Camat Bolo juga memberikan Apresiasi sebesar besarnya Kepada seluruh Masyarakat Desa Leu, Panitia Pelaksana dan Pemerintah Desa Leu Atas terlaksananya MTQ tingkat Desa Leu tahun 2016 ini. Beliau juga memberikan atensi khusus pada Antusiasme dan partisipasi aktif Masyarakat  Desa Leu atas Kegiatan MTQ ini dan berharap seluruh masyarakat Leu tetap memelihara dan tetap memberikan perhatian lebih Kepada Syiar Islam seperti pelaksanaan MTQ ini. Beliau juga memberikan pujian secara khusus terhadap dinamika pelaksanaan MTQ dan kegiatan Kemasyarakatan Lain di Desa Leu yang semakin Bagus. Beliau menyorot secara khusus Kolaborasi dan sinergi yang terbentuk antar Generasi tua dan muda di Desa Leu dalam menyukseskan Pelaksanaan MTQ Tahun ini. Serta keterlibatan aktif mantan Kepala Desa yang menjadi Ketua Panitia Pelaksana  yaitu H. Nursi H.A.Wahid yang sebelum ini juga sempat bersaing dengan Kepala Desa Leu saat ini yaitu bapak Muhammad Taufik, S.Ag dalam kontestasi Pemilihan Kepala Desa Leu beberapa tahun Lalu. Hal ini menurut camat Bolo menunjukan Kedewasaan Politik dan Demokrasi di tingkat Desa Leu yang sangat Luar Biasa. Diakhir Sambutaannya, camat Bolo kembali memberikan apresiasi dan Ucapan Terima Kasih kepada Pemerintah Desa Leu yang telah memberikan Perhatian Lebih Kepada seluruh TPQ yang ada di Desa Leu yaitu dengan memberikan Insentif kepada  Guru Ngaji dengan anggaran dari Dana Desa dan bantuan Lainnya.

Kepala Desa Leu, Muhammad Taufik, S.Ag Ketika Memberikan Sambutan Dalam Pembukaan MTQ Desa Leu Tahun 2016
Kepala Desa Leu, Muhammad Taufik, S.Ag Ketika Memberikan Sambutan Dalam Pembukaan MTQ Desa Leu Tahun 2016

Sementara Itu, Kepala Desa Leu Muhammad Taufik, S.Ag dalam sambutannya mengatakan bahwa sudah seharusnya Pelaksanaan MTQ Desa Leu tahun 2016 dijadikan momentum seluruh masyarakat Desa untuk lebih meningkatkan lagi Kesadaran Beragama di kehidupan sehari hari, dan tetap menjadikan Alquran sebagai patokan Utama dalam setiap tindakan dan perbuatan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pelantikan Dewan Hakam Oleh Kepala Desa Leu
Pelantikan Dewan Hakam Oleh Kepala Desa Leu
Meriah. Antusiasme Masyarakat Desa Leu dan Sekitarnya dalam menyambut MTQ Tahun 2016
Meriah. Antusiasme Masyarakat Desa Leu dan Sekitarnya dalam menyambut MTQ Tahun 2016

dscn2174 dscn2173

Menurut Beliau, Suka Cita seluruh masyarakat Desa Leu dalam menyambut MTQ ini menandakan Motivasi yang besar dari seluruh elemen masyarakat untuk tetap terlibat aktif dalam setiap kegiatan keagamaan dan social kemasyarakatan yang ada di Desa Leu. Menyambung sambutannya, Kepala Desa Leu juga memaparkan pencapaian pencapain yang telah dilakukan selama hampir setahun terakhir. Diantaranya adalah inisiasi dari Pemerintahan Desa untuk melibatkan masyarakat secara aktif dalam penyusunan APBDes Tahun 2017 yaitu dengan menggunakan Instrumen Aspirasi. Kegiatan Penjaringan Aspirasi ini telah dilaksanakan di setiap RT dan akan digunakan untuk pemetaan dan perencanaan pembangunan Desa Tahun 2017.  Perencanaan Pembangunan secara Bottom-up menjadi sebuah cirri khas Desa Leu yang ingin ditularkan kepada Desa Desa Lainnya. Untuk Suksesnya pelaksanaan kegiatan MTQ tahun ini, menurut Kepala Desa, telah  dianggarkan dana dari APBDes sebesar Rp. 20.200.000  Dengan rincian untuk Hadiah Peserta sebesar Rp. 16.000.000  , dan sisanya untuk Penataan Tempat Pelaksanaan MTQ dan Teknis lainnya. Disamping itu, Panitian juga menerima Sumbangan dana dan bantuan lainnya dari masyarakat dan para Pengusaha yang ada di Desa Leu dan Kecamatan Bolo pada Umumnya.

dscn2203
Penampilan Qasidah Modern Remaja-remaja Putri Desa Leu
ibu
Marawis Oleh Ibu-ibu PKK Desa Leu
dscn2177
Mars MTQ. Remaja Putri Desa Leu Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Dan Mars MTQ

dscn2219

Secara Umum, malam pembukaan MTQ Desa Leu Tahun 2016 belangsung meriah. Usai Pelantikan Dewan Hakam oleh Bapak Kepala Desa Leu dan serangkaian Sambutan, Ratusan Penonton ang memadati Arena pelaksanaan MTQ dimanjakan oleh berbagai atraksi hiburan yang kental dengan Nuansa Islami.  Suguhan Hiburan diawali dengan Lagu Mars MTQ dan Indonesia Raya yang dibawakan oleh Kelompok paduan Suara Remaja Putri Desa Leu. Kemudian dilanjutkan dengan Grup Kasidah Rebana dan Marawis dari masing masing RT di Desa Leu. Berbagai Penampilan itu berhasil memancing decak kagum dan tepuk tangan penonton. Menurut Recncana, MTQ Tahun 2016 akan berlangsung dari tanggal 25 November sampai dengan tanggal 30 November 2016.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Santabeta Warasi Komentar ro Masukan...